RSS

Panorama Puncak G. Merapi dari Ketep Pass

28 Jan

XMG_4993

Ketep Pass merupakan salah satu lokasi pengamatan atau gardu pandang ke arah puncak G. Merapi dan G. Merbabu yang berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Megelang, Provinsi Jawa Tengah. Ketep Pass berada pada ketinggian kurang lebih 1.200 meter dpl, dengan jarak sekitar 30 km dari Kota Magelang atau kurang lebih 20 km dari pertigaan Blabak (jalan raya Jogja – Magelang), 35 km dari Kabupaten Boyolali dan 32 km dari Kota Salatiga. Area ini dapat dijangkau dengan berbagai macam alat transportasi standar seperti kendaraan roda 2 (dua) hingga bus, karena aksesnya atau jalan menuju ke sana merupakan jalan aspal AKDP dari Magelang – Boyolali, hanya saja relatif menanjak cukup terjal dan berliku. Belum lagi banyak kendaraan truk yang memuat material pasir atau batu, sehingga perlu berhati-hati saat melewati jalan tersebut.

Dari lokasi ini, selain suasana yang sejuk, kita juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang menajubkan berupa pesona puncak gunung yang relatif gersang, bersambung ke arah lereng hingga kaki gunung yang menghijau oleh suburnya tanaman pertanian maupun pepohonan yang menyebar sejauh mata memandang. Saat beruntung dimana kondisi langitnya relatif bersih tanpa kabut dan awan, maka kita bisa menikmati pesona yang gagah sekaligus menyeramkan dari puncak – lereng G. Merapi maupun G. Merbabu. Untuk memperdetail relief dan tekstur dari penampakan fisik gunung yang ada, kita bisa menggunakan alat bantu berupa teropong.

Ketep Pass pun menyajikan ruang untuk menikmati museum vulkanologi yang letaknya di bawah gazebo gardu pandang Ketep Pass yang menampilkan foto-foto fenomena alam dan aktivitas G. Merapi serta miniatur G. Merapi secara 3 dimensi. Di sebelahnya juga terdapat Volcano Theater sebagai tempat pemutaran film pendek berdurasi sekitar 30 menit yang menceritakan tentang fenomena Gunung Merapi yang sangat dahsyat sekaligus penuh misteri. Selain menyimpan potensi bahaya, keberadaan G. Merapi juga membawa berkah kehidupan bagi penduduk di sekitarnya, berupa area pertanian yang amat subur serta menyediakan sumber daya alam berbentuk pasir dan batu yang tidak ada habis-habisnya.

Untuk urusan kuliner, di Ketep Pass banyak berderet warung atau pondok makan khas yang menyajikan menu panas seperti teh, kopi, mie rebus/goreng atau bahkan jagung bakar yang lezat dan mak nyuss serta cocok untuk menemani suasana yang relatif dingin. Sambil menikmati menu-menu panas tersebut, kita disuguhkan dengan pemandangan berlatar belakang puncak hingga lereng gunung yang indah dan menajubkan. Masya Allah…

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on January 28, 2015 in indahnya dunia

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: