RSS

Safety Alert (Fatality, 25 Februari 2014)

02 Mar

Fatality_PT Kideco_DT_finalKronologis

Pada hari Senin tanggal 25 Februari 2014 telah terjadi kecelakaan tambang berakibat mati (fatality) atas nama Ramono dan Agus Setiawan (Karyawan PT Pama Persada Nusantara – Kontraktor PT Kideco Jaya Agung) di daerah Batu Sopang, Kab. Paser, Prov. Kalimantan Timur.

Bermula ketika pada pukul 04.15 WITA di Jalan Iljin Km 6 (hauling coal road) dimana kondisi jalan menurun, Sdr. Ramono yang mengoperasikan unit DT 167 melewati speedbump  pada jalur kosongan dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam (speed 7). Karena kehilangan kendali, Sdr. Ramono masuk jalur yang berlawanan arah (jalur muatan), sedangkan pada arah berlawanan (jalur muatan) terdapat DT 137 yang dioperasikan oleh Sdr. Agus Setiawan. Namun karena kecepatan yang cukup tinggi,  Sdr. Agus Setiawan tidak sempat menghindar, sehingga terjadi benturan yang sangat keras. Akibatnya, unit DT 137 yang dioperasikan Sdr. Agus Setiawan rebah ke kiri serta kabin unit DT 137 dan DT 167 mengalami rusak parah dimana posisi Sdr. Ramono dan Sdr. Agus Setiawan dalam kondisi terjepit kabin yang rusak. Sdr. Ramono (operator DT 167) meninggal di lokasi kejadian karena benturan yang mengakibatkan patah tulang leher dan pendarahan, sedangkan Sdr. Agus Setiawan (operator  DT 137) meninggal dalam perjalanan menuju klinik yang berjarak 6 km dari lokasi kejadian karena  pendarahan dan patah tulang leher.

Penyebab Langsung Kecelakaan

Kondisi Tidak Aman

  • —Kondisi jalan rusak di bagian pinggir.
  • —Speedbump tidak sesuai standar (mudah dilewati oleh unit).
  • —Tidak ada tanggul median jalan (median bump) di lokasi kecelakaan.
  • —Pada lokasi kecelakaan, arah sinar lampu unit yang bermuatan menyilaukan operator unit dari arah tidak bermuatan.

Tindakan Tidak Aman

  • Sdr. Ramono mengemudi dengan kecepatan melebihi batas rambu kecepatan (60 km/jam).

Pesan Keselamatan

  • Agar senantiasa melakukan identifikasi bahaya dan penilaian (assessment) resiko pada titik-titik tertentu terutama di jalan hauling, dan segera melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang berpotensi bahaya untuk mengendalikan resiko sekecil mungkin dan mencegah terjadinya kecelakaan.
  • Menerapkan sanksi yang tegas bagi operator yang melanggar aturan dan rambu lalu lintas di jalan tambang maupun jalan hauling.

(Sumber: Laporan Hasil Pemeriksaan Kecelakaan Tambang oleh Inspektur Tambang)

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 2, 2014 in ramainya tambang

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: