RSS

Safety Alert (Cidera Berat, 20 Nopember 2013)

27 Nov

Kabin HD465-03Kronologis; Pada hari Rabu, 20 Nopember 2013 dini hari sekitar jam 04.10 WITA, Sdr. Suhendi mengoperasikan unit HD465-4106 dan melakukan loading overburden ritase ke-9 dari front loading Exca 239. Pada saat di jalan hauling OB, tepatnya di depan tempat parkiran unit, Sdr. Suhendi melihat di depan ada maintenance jalan hauling yang dilakukan oleh 1 unit grader dan 1 unit dozer. Sdr. Suhendi sempat memberi jalan kepada HD465 yang berasal dari pertigaan jalan dari arah kanan untuk lewat terlebih dahulu dan kemudian beriringan di belakangnya. Pada saat melewati grader dan dozer, Sdr. Suhendi agak mengambil sisi kanan karena grader dan dozer sedang bekerja di sisi kiri. Sdr. Suhendi menengok ke belakang untuk melihat apakah dozer telah terlewati dan tidak menyadari bahwa di depannya ada unit CAT777-491 yang baru saja berhenti selama kurang lebih 10-15 detik untuk persiapan dumping material maintenance jalan hauling tersebut, sehingga unit HD465-4106 yang dikendarai Sdr. Suhendi menabrak ujung vessel pojok kanan unit CAT777-491. Akibat dari kecelakaan tersebut, kabin HD465-4106 ringsek dan Sdr. Suhendi mengalami retak/patah (close fracture) tulang kering pada kaki sebelah kiri karena terjepit antara dashboard dan tuas/kursi.

Kesimpulan; Dari hasil investigasi menyebutkan penyebab langsung dari kecelakaan tersebut adalah tindakan tidak aman dimana kurangnya antisipasi dari pengawas untuk melakukan pengendalian atau pengamanan area kerja serta operator kurang berkonsentrasi (tidak memperhatikan atau tidak fokus ke arah depan) ketika mengendarai unit HD465.

Pesan Keselamatan; Lebih banyak kejadian atau kecelakaan yang diakibatkan oleh tindakan tidak aman dibandingkan kondisi tidak aman. Dalam kasus kecelakaan ini, dapat diambil pelajaran agar tidak terjadi hal serupa, yaitu: (a) perlunya pengawasan yang intesif dan pengkondisian (area, unit, jalur komunikasi) sedemikian rupa sesuai JSA/SOP, sehingga aman bagi pengguna jalan/jalur; (b) dibutuhkan sikap ekstra hati-hati dan konsentrasi yang tinggi di saat mengoperasikan unit/kendaraan, terutama pada malam hari di area yang bersinggungan dengan aktivitas atau unit lain. –rmd_27112013–

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on November 27, 2013 in ramainya tambang

 

Tags: , , ,

2 responses to “Safety Alert (Cidera Berat, 20 Nopember 2013)

  1. Mimin Reaksipeka.com

    February 12, 2017 at 8:41 am

    Kecelakaan tersebut merupakan pelajaran berharga dan tidak boleh terjadi lagi di area kerja kita. Kurangnya konsentrasi atau bahkan mengantuk harus dihindarkan saat mengendarai kendaraan/unit terutama saat bekerja. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi secara teratur, banyak minum air putih dan olahraga yang cukup merupakan pencegahan terjadinya rasa kantuk saat berkendaraan. Tak kalah pentingnya, apabila mengalami kelelahan sebelum bekerja wajib melaporan kondisi fisik ke atasan langsung. Hal-hal tersebut dapat mencegah terjadinya kecelakaan. (Baca: http://reaksipeka.com/2017/02/12/siap-bekerja-aman-tanpa-mengalami-kelelahan/ )

    Like

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: