RSS

Bekal Seorang Geologis

06 Sep
Dalam dunia eksplorasi, geologis sejati harus mempersiapkan diri lahir dan batin, termasuk segala perlengkapan lapangan yang diperlukan sebelum melaksanakan tugasnya. Berbekal ketersediaan data awal yang cukup, keyakinan, keberanian serta kesiapan fisik, seorang geologis siap mengembara keluar masuk hutan atau lahan tak bertuan. Perlengkapan tersebut digunakan untuk survive maupun support pengambilan data. Untuk survive atau mempertahan hidup, maka yang perlu dibawa ada kelengkapan dan kebutuhan sehari-hari, baik berupa sandang, pangan maupun papan -termasuk persiapan jikalau mengharuskan flying camp. Sedangkan untuk support pengambilan data, maka yang dibutuhkan adalah perlengkapan standar seorang geologis, antara lain: peta, kompas geologi, palu geologi, gps, kamera digital, meteran, kantong plastik sampel dan alat tulis. Ada 5 (lima) alat utama geologis yang akan kita bahas, yakni:
peta1(1) Peta, menurut wikipedia, adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Adapun peta yang dibutuhkan dalam pengembaraan seorang geologis biasanya berupa peta topografi ataupun peta geologi.
compass1(2) Kompas Geologi merupakan kombinasi dari tiga fungsi kompas, klinometer dan hand level, yaitu untuk mentukan tempat kita terhadap suatu benda dan arah Utara atau untuk mengukur kedudukan unsur-unsur struktur geologi, misalnya kelurusan struktur, kemiringan lereng, maupun jurus ataupun kedudukan dan kemiringan lapisan batuan.
palu 1palu 2(3) Palu Geologi. Dalam geologi dikenal ada dua jenis palu yang masing-masing memiliki bentuk dan kegunaan yang berbeda peruntukannya. Ada palu chisel point  yang memiliki ujung pipih, biasa digunakan untuk mengait perlapisan pada batuan lunak seperti batuan sedimen. Tipe yang lain adalah palu pick point yang memiliki ujung runcing, biasa digunakan untuk tipe batuan keras atau padat (masif) seperti batuan beku dan batuan metamorf.
gps2(4) GPS merupakan singkatan dari Global Positioning adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.  Ini berarti suatu sistem teknologi yang akan membantu posisi keberadaan diri kita. Bila diibaratkan, GPS merupakan pengembangan dari sebuah peta lokasi yang dimanifestasikan dalam bentuk teknologi yang menggunakan satelit.
meteran1(5) Meteran. Alat ini sederhana tapi cukup penting dalam pendataan terhadap suatu objek pengamatan. Meteran digunakan sebagai alat untuk mengukur dimensi panjang, lebar dan tinggi (tebal) suatu benda atau lebih tepatnya obyek/singkapan geologi.
Sebagai tambahan, perlengkapan lain yang tak kalah pentingnya dan harus dibawa oleh geologis adalah alat tulis dan kamera.
IMG00267-20120517-1113camera1aDengan beberapa alat standar atau utama dimaksud, selanjutnya perlu dilakukan dokumentasi data, baik dengan tulisan, sketsa maupun foto berskala, dimana meskipun singkat, padat, tetapi jelas atau informatif. Dengan demikian, suatu data geologi dapat dipertanggungjawabkan keberadaannya, bahwa objek dimaksud benar-benar ada. Adapun mengenai keakuratan data itu sendiri tergantung dari kepiawaian seorang geologis dalam menggunakan alat-alat tersebut dengan baik dan benar. Di sinilah seorang geologis diberikan amanah agar dapat memberikan sajian data yang lengkap dan akurat, sehingga dapat dianalisa untuk kepentingan interpretasi atau perkiraan terhadap geometri atau keterkaitannya dengan data/objek lain hingga keterdapatannya secara ekonomi atau kelayakannya untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya. Inilah yang disebut eskplorasi. Oleh karena itu, selain berbekal keilmuan yang memadai, juga dibutuhkan ketebalan iman yang menjaganya untuk tetap konsisten dalam jalan yang lurus di tengah godaan yang senantiasa mendekatinya. (rmd-060913)
Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 6, 2013 in luasnya ilmu

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: