RSS

Penulisan Kata “آمين”

23 Apr

Karena luasnya ilmu bahasa Arab, perlu sedikit kita ulas tentang pengucapan kata amin ( آمين) yang sering digunakan kebanyakan orang mengingat berbeda satu huruf pun bisa berubah arti. Pengucapan kata amin ( آمين) sering ditulis dengan berbagai kata seperti Amin, Aamin, Amiin, Aamiin & Amien. yang masing-masing memiliki arti yang berbeda.

Bagaimana penulisan Amin ( آمين) yang benar? Ada yang menulis “amin“, “amiin”, “aamin” bahkan tidak jarang juga ada yg menulis “Amien”. Seperti kita ketahui Lafaz Aamiin ( آمين) diucapkan di dalam dan di luar shalat, dimana bila di luar shalat, aamiin diucapkan oleh orang yang mendengar do’a.

Aamiin ( آمين) termasuk isim fiil Amr, yaitu isim yang mengandung pekerjaan. Maka para ulama jumhur mengartikannya dengan Allahummas istajib (ya Allah ijabahlah). Makna inilah yang paling kuat dibanding makna-makna lainnya seperti bahwa aamiin ( آمين) adalah salah satu nama dari asma Allah SWT.

Membaca aamiin ( آمين) adalah dengan memanjangkan a (alif) dan memanjangkan min, apabila tidak demikian akan menimbulkan arti lain. Dalam Bahasa Arab, ada empat perbedaan kata “AMIN” sesuai dengan penulisannya dalam bahasa Indonesia, yaitu :

  1.  ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya AMAN, TENTRAM;
  2. AAMIN” (alif panjang & mim pendek), artinya MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN;
  3. AMIIN” (alif pendek & mim panjang), artinya JUJUR TERPERCAYA;
  4. AAMIIN” (alif & mim sama-sama panjang), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI.

Jika teman-teman memahami bahasa arab, silahkan tulis kata kata itu dalam tulisan arab maka maknanya akan berbeda. Oleh karena itu, ulama yg mempelajari Alquran dan hadits hati hati karena jika salah maka maknanya akan lain dan bisa menimbulkan salah paham.

Bagaimana dengan pengucapan/penulisan “Amien“ ??? Untuk yang satu ini (Amien) harus dihindari, karena pengucapan/penulisan “Amien” lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala setelah do’a. Kata “amien” sesungguhnya berasal dari nama seorang Dewa Matahari Mesir Kuno: Amin-Ra (atau orang Barat menyebutnya Amun-Ra). Marilah kita biasakan menggunakan kaidah bahasa yang benar dan jangan pernah menyepelekan hal yang sebenarnya besar dianggap kecil. Kata kata ini terlihat sederhana dan mudah ditulis, namun jika salah dalam penempatannya, maka ia tak sesuai dengan yang dimaksud, misalnya do’a.

Semoga bermanfaat.

(dikutip dan disarikan dari berbagai sumber).

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on April 23, 2012 in luasnya ilmu

 

Tags: , ,

One response to “Penulisan Kata “آمين”

  1. Rezki Lia

    April 22, 2016 at 7:59 pm

    syukron untuk informasinya

    Like

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: